Rabu, 02 Januari 2013

Sejarah Negara Bagian Idaho

Manusia mungkin telah hadir di daerah Idaho selama 14.500 tahun yang lalu. Penggalian di Gua Wilson Butte dekat Twin Falls pada tahun 1959 mengungkapkan bukti aktivitas manusia, termasuk panah, yang peringkat di antara artefak tanggal tertua di Amerika Utara. Orang Indian Amerika dominan di daerah tersebut termasuk Perce Nez di utara dan Shoshone Utara dan Barat di selatan.

Kehadiran awal Perancis-Kanada penjerat terlihat pada nama dan toponim yang telah bertahan sampai hari ini: Nez Percé, Coeur d'Alene, Boisé, Payette, beberapa sudah ada sebelumnya Lewis dan Clark dan ekspedisi Astorian yang sendiri termasuk jumlah yang signifikan dari Perancis dan Metis panduan direkrut untuk keakraban mereka dengan medan.

Idaho, sebagai bagian dari Negara Oregon, yang diklaim oleh kedua Amerika Serikat dan Inggris sampai Amerika Serikat memperoleh yurisdiksi tak terbantahkan pada tahun 1846. Dari 1843-1849 kini Idaho berada di bawah yurisdiksi de facto Pemerintahan Sementara Oregon. Ketika Oregon menjadi negara, yang sekarang berada di Idaho apa yang tersisa dari Wilayah Oregon asli bukan bagian dari negara baru, dan ditunjuk sebagai Wilayah Washington.

Antara itu dan penciptaan Wilayah Idaho pada 4 Juli,, 1863 at Lewiston, bagian dari negara masa kini dimasukkan dalam Oregon, Washington, dan Wilayah Dakota. Wilayah baru termasuk masa kini Idaho, Montana, dan sebagian besar dari Wyoming. Lewis dan Clark ekspedisi melintasi Idaho pada tahun 1805 dalam perjalanan ke Pasifik pada tahun 1806 dan pada kembali, terutama setelah Sungai Clearwater kedua arah. Penyelesaian non-pribumi pertama adalah Kullyspell House, didirikan di tepi Danau Pend Oreille untuk perdagangan bulu pada tahun 1809 oleh David Thompson Perusahaan North West. Pada tahun 1812 Donald Mackenzie, bekerja untuk Perusahaan Fur Pasifik di waktu, mendirikan pos di Sungai Clearwater bawah dekat kini Lewiston. Posting ini, yang dikenal sebagai "Post MacKenzie" atau "Clearwater", beroperasi sampai Perusahaan Fur Pacific dibeli oleh Perusahaan North West tahun 1813, setelah itu ditinggalkan. Upaya pertama di masyarakat terorganisir, dalam batas-batas sekarang Idaho, yang didirikan pada tahun 1860. Permanen pertama, masyarakat yang tergabung substansial adalah Lewiston pada tahun 1861.

Setelah beberapa kesusahan sebagai wilayah, termasuk transfer ilegal dan kacau ibukota wilayah dari Lewiston pada bulan Desember 1864 ke Januari 1865 di Boise, pencabutan hak dari poligamis Mormon dikuatkan oleh Mahkamah Agung AS pada tahun 1877, dan upaya federal untuk membagi wilayah antara Washington Wilayah yang diperoleh kenegaraan pada tahun 1889, setahun sebelum Idaho, dan negara bagian Nevada yang telah negara sejak tahun 1863, Idaho mencapai kenegaraan pada tahun 1890. Perekonomian negara, yang telah terutama didukung oleh pertambangan logam, bergeser ke arah pertanian, hasil hutan dan pariwisata.

Dalam beberapa tahun terakhir, Idaho telah memperluas basis komersial sebagai pariwisata dan pertanian negara untuk memasukkan industri ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi pusat ekonomi terbesar tunggal (lebih dari 25% dari total pendapatan negara) dalam negara dan lebih besar dari pertanian, kehutanan dan pertambangan digabungkan.

Negara Idaho Historical Society dan banyak masyarakat sejarah lokal dan museum melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Idaho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar