Rabu, 02 Januari 2013

Negara Bagian Idaho

Idaho adalah sebuah negara di wilayah barat laut Amerika Serikat. Idaho adalah yang paling luas 14, yang paling padat penduduknya 39, dan paling padat penduduknya 7 dari 50 Amerika Serikat. Kota negara terbesar dan modal Boise. Warga disebut "Idahoans". Idaho dibawa ke Uni pada tanggal 3 Juli 1890, sebagai negara ke-43.

Idaho adalah sebuah negara pegunungan dengan luas lebih besar dari seluruh New England. Ini terletak di pedalaman, dikelilingi oleh negara bagian Washington, Oregon, Nevada, Utah, Wyoming, Montana dan provinsi British Columbia di Kanada. Namun, jaringan bendungan dan kunci di Sungai Columbia dan Snake River membuat kota Lewiston pelabuhan pedalaman terjauh di pantai Pasifik Amerika Serikat berdekatan.

Julukan Idaho adalah "Gem Negara", karena hampir setiap jenis dikenal batu permata telah ditemukan di sini. Selain itu, Idaho adalah salah satu dari hanya dua tempat di dunia di mana bintang garnet dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan, yang lain menjadi India, meskipun mereka dapat ditemukan di tempat lain dalam jumlah yang sangat terbatas. Selain itu Idaho kadang-kadang disebut "kentang Negara" karena tanaman populer. Semboyan negara adalah Esto Perpetua (Latin untuk "Biarlah selamanya").

Asal tepat nama masih merupakan misteri. Pada 1860-an awal, ketika Kongres Amerika Serikat sedang mempertimbangkan mengorganisir sebuah wilayah baru di Pegunungan Rocky, eksentrik pelobi George M. Bersedia mengusulkan nama "Idaho," yang ia mengklaim berasal dari istilah bahasa Shoshone yang berarti "matahari berasal dari pegunungan" atau "permata dari pegunungan". Bersedia kemudian mengklaim bahwa ia telah dibuat nama sendiri. Kongres akhirnya memutuskan untuk nama Territory wilayah Colorado ketika diciptakan pada bulan Februari 1861. Berpikir mereka akan mendapatkan lompatan pada nama, penduduk setempat bernama komunitas di Colorado "Idaho Springs".
Danau Coeur d'Alene di North Idaho

Namun, nama "Idaho" tidak pergi. Pada tahun yang sama Kongres menciptakan Colorado Territory, sebuah county disebut Idaho di County diciptakan di Wilayah Timur Washington. County bernama setelah sebuah kapal uap bernama Idaho, yang diluncurkan di Sungai Columbia pada tahun 1860. Tidak jelas apakah kapal uap bernama sebelum atau setelah klaim Bersedia itu terungkap. Terlepas, sebagian Wilayah Washington, Idaho termasuk County, digunakan untuk membuat Wilayah Idaho pada 1863.

Meskipun kurangnya bukti asal-usul nama, banyak buku teks baik ke abad ke-20 diulang akun sebagai fakta Bersedia bahwa nama "Idaho" berasal dari istilah Shoshone "ee-da-bagaimana".

Nama "Idaho" mungkin berasal dari kata Apache Plains "ídaahę" yang berarti "musuh." Para Comanches menggunakan kata ini untuk merujuk pada Wilayah Idaho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar